Skincare Basics: Zinc for Acne?

Monday, December 09, 2013

Disclaimer: Artikel ini hanya untuk informasi dan tidak dapat digunakan untuk kepentingan diagnosis dan/atau terapi. Artikel ini juga tidak berperan untuk menggantikan anjuran medis dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk diagnosis dan/atau terapi. Full disclaimer

Hello, lovelies~ Siapa di sini yang jerawatnya muncul terus tiada henti? *angkat tangan* Aku udah dari SD kelas empat kayanya jerawatan, jadi sangat 'ramah' sama mereka, hahaha. 

Niwei, di post kali ini, aku mau share pengalamanku mengurangi munculnya si jerawat dengan suplemen zinc atau seng. Bukan seng yang ada di atap rumah ya~ Yang itu ga bisa digerus trus masukin kapsul terus minum, yang ada malah makin sakit, hahaha.

Zinc itu apa?

Zinc (atau Seng bahasa Indonesianya) adalah sebuah mineral yang ditemukan dalam jumlah yang sedikit dalam tubuh manusia. Meski jumlahnya yang tidak terlalu banyak dalam tubuh, zinc membantu dalam beberapa proses yang ada dalam tubuh seperti pertumbuhan sel dan perbaikan sel. 

Ada juga beberapa sumber yang bilang kalo zinc itu anti inflamasi dan antioksidan, jadi bisa membantu meredakan jerawat yang lagi merah dan meradang. 


Kok bisa ngilangin jerawat?

Cara kerja pastinya di dalam sel sih belum ada yang tahu pasti, tapi beberapa menduga kerja si zinc seperti berikut:
  • Zinc membantu mengeluarkan vitamin A (nutrisi penting untuk anti-jerawat) dari hati dimana vitamin tersebut disimpan. Abis itu baru dianter deh ke kulit supaya vitamin A bisa ngurangin jerawat.
  • Zinc berperan sebagai antioksidan dan anti-inflamasi (radang)
  • Zinc membantu mengurangi dan memecah substance P, yang meningkatkan produksi sebum (minyak) waktu kita lagi stress. Biasanya suka jerawatan kan kalo stress.
  • Zinc membantu mempercepat proses apoptosis (proses regenerasi tubuh dengan matinya sel-sel lama). Kalo kekurangan zinc, proses ini jadi lebih lama dan sel-sel kulit lama yang harusnya udah mati dan hancur dari kapan tau masih terus aja nangkring di situ seenak udelnya dan nyebabin pori-pori tersumbat. Pori-pori tersumbat = jerawat!
Photo Credits

Dapetnya dari mana?

Kalo aku sih langsung minum suplemen karena dosisnya udah pasti dapet segitu, hehe. Tapi kalo pada pengen yang alami or langsung dari makanan, bisa coba :
  • Oysters (kerang/tiram) -> kandungan Zinc tertinggi di antara sumber makanan lain
  • Daging sapi
  • Kepiting
  • Lobster
  • Ayam
Photo Credits

Sumber makanan lainnya yang ada kandungan zinc tapi susah diserap tubuh:
  • Kacang-kacangan 
  • whole grains
  • miso
  • tofu
  • brewer's yeast
  • Sayuran hijau yang dimasak
  • Jamur
  • Biji labu dan bunga matahari

Hmm, suplemen aja deh. Caranya?

Untuk aku cukup yang 30 mg keluaran si GNC, diminum sekali sehari sehabis makan karena kalo perut kosong biasanya bikin mual buatku. Bagusnya ada kandungan Copper setidaknya 2 mg, karena kalo kadar zincnya kebanyakan, dia bikin tubuh jadi kekurangan Copper.

Zinc yang aku pilih tipenya zinc picolinate karena lebih  gampang diserap tubuh dibanding tipe lainnya seperti zinc sulfate.

Photo Credits


Beneran ilang jerawatmu, Phan?

Yup! Sejauh ini udah pake sebulan stengah jerawatnya reda meski ga pake Vitacid/BP. Bahkan pas lagi 'dapet', kulitku clear dari jerawat, senang amat sangat. Intinya keadaan kulitku sekarang:

  • Jadi jarang banget jerawatan
  • Jarang sensian sama produk. Biasanya kalo nyobain produk baru kan langsung jerawatan ga pake ba bi bu, ini engga~ ^_^
  • Entah karena zinc atau bukan, tapi kulitku berasa lebih halus
  • Pori-pori sih sama aja secara genetik, bok!
  • Produksi sebum (minyak) berkurang dikit meski kulit masih minyakan

Sekarang lagi jerawat 1 gede di atas bibir gegara nyobain face wash baru dari Himalaya, urgh. Tak apa, for science beauty blogging!

So, kalo pada suka..

Kasih tau aku kalo pada suka baca artikel kaya gini ya. Komen aja di bawah kalo emang demen bacanya, aku akan usahakan nulis artikel sejenis ini lebih banyak lagi~ 


Reference
  1. Truong-Tran AQ, Ho LH, Chai F, Zalewski PD. Cellular zinc fluxes and the regulation of apoptosis/gene-directed cell death. J Nutr. 2000 May;130(5S Suppl):1459S-66S.
  2. Nelson AM, Zhao W, Gilliland KL, Zaenglein AL, Liu W, Thiboutot DM. Neutrophil gelatinase-associated lipocalin mediates 13-cis retinoic acid-induced apoptosis of human sebaceous gland cells. J Clin Invest. 2008 Apr;118(4): 1468-78.
  3. http://ods.od.nih.gov/factsheets/Zinc-HealthProfessional/

© 2010 - 2013 Diary Of A Product Junkie (Stephanie Nangoi) All Rights Reserved.
Copyscape Banner

You Might Also Like

18 comments

  1. Sangat membantu ce artikel seperti ini
    aku juga selalu bermasalah sama jerawat nich ampe stress T.T
    suplemen zinc nya merk GNC yang cc konsumsi?
    ga ada efek negatif nya ya
    dlu di century ak pernah di tawarin jg sejenia suplemen tapi lupa merk apa cm bukannya baekan malah jerawatnya makin meradang
    apa suplemen itu kayak skincare cocok2an?
    Maaf ya kalo banyak tanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Laura~ Thanks udah nyempetin baca, seneng rasanya dibaca blog post ku ^_^

      Setiap obat pasti ada efek sampingnya, tapi selama dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan, efek samping tersebut akan sangat minim bahkan tidak ada.

      Suplemen juga sama seperti skincare, tergantung setiap orang riwayat alerginya dengan bahan apa. Pada kasus suplemen, hampir sama dengan alergi makanan. Mungkin ada kandungan di suplemen itu yang ternyata kamu alergi yang malah memperparah jerawat kamu :)

      Banyak tanya gpp, kok. Namanya juga kan belajar. :)

      Delete
  2. :D aku juga lagi pake Himalaya kak,, liat dia banyak free nya jadi ngiler,, tapi beberapa kali make face washnya kok berasa ga bersih gitu pas di bilas pake air. alhasil jerawat lagi ini.. Oia, kalo konsumsi zinc ini boleh di pake bareng sama vit yang lain g? (aku lagi make n*traf*r ) makasi kaaaak :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih, baru dipake 2 hari aja udah ada jerawat gede & kuning, hiks. Padahal harganya bersahabat amat sangat ya. Kamu nyobain yang mana, Lemon? Aku dulu pas pake yang Neem cocok, ga pake acara jerawatan ^_^

      Baiknya konsumsinya jangan berbarengan karena aku kurang tau efeknya kalo dicampur dengan suplemen herbal :)

      Delete
  3. wahhh ce membantu bgt artikelnya.. jd pengen nyobain si zinc ^^

    ReplyDelete
  4. thanks for sharing, ce! jerawatku ini ga ada matinyaaaaa, patut dicoba nii pake suplemen.
    eh tp aku percaya banget kalo ngefek, soalnya i'm type of person that don't easily trust the bad & good in what i consume. tp beneran aku udah buktikan sama vit E, vit C, dan omega 3 kalo mereka bener2 bantu kulit lho jadi baikan meskipun begadang tiap hari ala bang Rhoma. O_o
    still looking the connections between those vitamins & skin tho, so I maybe can share some useful info like this one!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru baca2 sama dikasih tau temen beberapa bulan lalu tentang zinc~ Padahal dulu aku kurang percaya sama suplemen yang bisa bantu ngurangin jerawat. Need to be more open-minded ^_^

      Delete
  5. Wah ini nice post, saya selalu jerawatab di area dagu kl kata dokter di bagian dagu saya kelenjar minyaknya berlebih dan setiap ada jerawat berbekas gt kulitnya ky msh ada jerawatnya ilangnya jg susah. Dianjurin mnm vitA buat ngurangin minyaknya. Kl dibarengin sm zinc aman ga ya? Dokternya di jkt sih dan saya di luar kota jd susah nanyanya hrs kontrol dulu. Huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku jerawatannya itu pasti di daerah pipi, kelenjar sebaseanya buanyak banget kayanya di situ. Vitamin A memang nolong untuk berantas jerawat, kaya si Vitacid kan juga turunannya Vitamin A ^_^

      Lebih baik konsultasikan dulu ke dokter kamu karena dia punya medical record kamu jadi udah tau riwayat penyakit dahulu, dll. ^_^

      Delete
  6. ceee.. i love this kind of post! <3 dulu emang pernah baca kalo zinc bisa bantu ngatasi jerawat, tapi masih bingung mau konsumsi suplemen zinc yg mana soalnya gatau namanya hehehe :D i def try this! bikin postingan kyk gini lagi ce terutama masalah seputar jerawat.. <3 <3 <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Rizki, thanks for reading ya~ Diusahakan bakal bikin blog post kaya gini lagi in the future~ ^_^

      Delete
  7. Replies
    1. Hi, Thesya, thanks for reading~ Senang artikel ini bisa membantu :)

      Delete
  8. Wahhh, ini nih artikel yang ngebantu banget ^_^
    Sering-sering ya ce bikin artiket kayak gini. Lumayan tambah pengetahuan ^_^

    Nanti dicoba ah hihi
    Thanks a lot infonya

    ReplyDelete
  9. Ce phanie, aku dari dulu tertarik konsumsi zinc kayak gini, kebetulan problem muka kita 11 12 , tapi aku masih struggle ngadepin masalah jerawat gini yang sering "comback". Aku jg udah mayan rajin minum jus wortel & emang ngaruh, tp kurang nampol aja. Nah.. aku takut kalo aku konsumsi zinc ini, apa ga overdosis vitamin A nya ya ce? secara zinc kan bantu memproduksi vit A.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, Eskariyanti, zinc itu bukan yang bantu produksi vitamin A. Zinc HANYA membantu untuk MENGELUARKAN vitamin A dari gudangnya (di hati/liver) dan mendistribusikan ke tubuh.

      Analoginya si vitamin A itu barang, si liver/hati itu gudang, si Zinc itu truk container buat transportasi. Untuk dikeluarin dari gudang (hati), perlu truk container (Zinc) buat nganterin barang (vitamin A) dari titik A ke titik B Jadi, bukan si truk yang produksi barang. :)

      Mudah-mudahan bisa jelas ya. :)

      Delete
    2. oooooooo.... paham..paham..ce phanie... aku salah tangkep brarti sebelumnya..hehehe
      Makasih ya ce penjelasanya ^_^

      Delete