Ask DOAPJ: Enlarged Pores

Wednesday, August 21, 2013

Mulus dengan krim PS! ^_^
Hello, lovelies~ Since I have a lot of questions from you regarding skincare and how to treat it, I've decided to make a separate segment here called 'Ask DOAPJ'. I will try my best answer your questions regarding skincare and everything about it. I will be posting this segment in Indonesian since most of the questions are in that language. I hope you don't mind. There's always the translate button on the right. ^_^

T: "Hello, Aku seneng baca blog kamu apalagi yang home made body butter >.< Aku mau tanya nih, kira-kira produk apa yang bisa mengecilkan pori-pori, soalnya pori-pori di bagian cheek bone gede-gede banget. Please help me :D" - Gabby Clara

J: Pori-pori yang besar salah satu penyebabnya bisa dari faktor keturunan atau genetika. Coba lihat kedua orang tua kamu, apakah mereka juga mempunyai pori-pori yang besar di bagian wajah mereka. Apabila iya, akan sulit untuk mengecilkan pori2 kamu secara permanen dikarenakan hal tersebut terjadi karena faktor genetika. 

       Selain faktor genetika, pori-pori besar juga dapat disebabkan oleh banyaknya sebum yang tersumbat dalam pori-pori. Bayangkan pori-pori seperti kantung plastik dan sebum seperti air. Nah, apa yang terjadi apabila kantung plastik tersebut terisi oleh air yang banyak? Kantung plastik yang tadinya terlihat kempis dan kecil akan terlihat besar karena isi tersebut. Sama halnya dengan pori-pori dan komedo. Semakin banyak sebum di dalam pori-pori, semakin terlihat besar pori-pori tersebut.
     
           Untuk membantu mengurangi penampakan pori-pori yang besar, kamu bisa melakukan facial secara rutin di dokter2 kecantikan atau dokter kulit. Yang terpercaya pastinya ya~ Facial dapat membantu karena proses ini membantu mengeluarkan komedo yang terletak di dalam pori-pori kamu sehingga ukuran dari pori-pori bisa terlihat mengecil karena kotoran/komedo yang sudah dikeluarkan. 

       Rajin menggunakan produk yang bisa menembus permukaan kulit dan membersihkan komedo juga bisa. Untuk merk nya, saya kurang hafal, tetapi yang penting isinya ada asam salisilat (salicylic acid) atau asam retinoat (retinoic acid). Tentunya kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa kamu tidak memiliki alergi terhadap kedua bahan tersebut ya :)

Semoga jawabannya bisa membantu ya, Gabby. Jika ada dari kamu yang ingin bertanya seperti Gabby mengenai perawatan wajah dan masalah pada kulit, boleh juga lho, akan kujawab sebisa mungkin. Silahkan diisi formulir di bawah ini yah~ Setiap minggunya akan kupilih satu untuk dijawab langsung di blog ku. 



© 2010 - 2013 Diary Of A Product Junkie (Stephanie Nangoi) All Rights Reserved.

You Might Also Like

2 comments

  1. cicii mau usul.. gimana kalo pertanyaan2 yang udah dijawab di kumpulin? jadi temen2 yang mau baca ulang atau pertanyaannya sama jadi gak nanya ulang.. hehe
    tapi gimanapun segmen ini memang helpful banget >.<

    ReplyDelete