Bea Cukai Indonesia

Monday, May 06, 2013

Hello, lovelies~ Hari ini post singkat aja karena aku cuman pengen tanya apa ada yang pernah mengalami hal ini. Jadi, ceritanya tadi aja nih barusan pak pos dateng ke rumah nganterin surat dari kantor Bea Cukai or something. Isinya sebagai berikut.

Alamatku kublur ya~

Tanggal surat dibuat baru sampai tanggal 6 Mei 2013


Yang mo kutanyain, ini ngurusnya kemana dan ribet ga sih? Emang sih ada nmr tlpnya, cuman aku ngepost di ini sapa tau udah ada yang pernah telp ke sana dan bisa share pengalamannya. So, ada yang pernah? 

Image and video hosting by TinyPic 

 © 2010 - 2013 Diary Of A Product Junkie (Stephanie Nangoi) All Rights Reserved.

You Might Also Like

15 comments

  1. Coba cici pergi ke alamat yg ada di surat itu / telepon ke no telp yg ada itu. Mungkin mereka bs kasih tau dimana mau klaim barangnya + bayar cukainya sesuai lokasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya mo begitu sblm post ini dipublish, tapi pengen tau jg dari tmn2 ada yg begini jg dan ribet ga. Kalo ribet amat sangat, males jg ngurus nya..

      Delete
  2. aishhh bea cukai Indonesia, pfffffttttt... segalanya bakalan ribet. Aq dpt kiriman sample 1 box gede di tahan, di suruh byr tax+minta surat BPOM trus akhirnya katanya suruh bayar aja ga usah pake BPOM, aq minta wkt soalnya hrs urus ke boss di HK, urusannya rada lama and akhirnya barusan di approve and di trf, bgt aq urus k custom di bilang itu barang sdh jd milik negara karena sdh lbh dari 30 hari, kalo mau di urus bakalan ribet and mahal krn hrs pake BPOM (lah skrg pake lagi, td katanya ga usah) + bayar "sewa gudang". Jd skrg brgnya mau ga mau di anggep hilang. Rempong gak siiiiii!!!! *emosi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wafuh, ribet banget yah sprtnya. Tampak sprt lost cause kyny. Hahaha, thanks for sharing Mindy. :)

      Delete
  3. Wah kalau ke bea cukainya belum pernah Phan. Gw pernahnya disuruh dtg ke kantor pos Fatmawati karena paketnya lebih dari 50 USD. Yang pasti lo mesti ke sana dan siap2in duit... Lo belaga tampang ga berdosa aja biar prosesnya cepet. Soalnya waktu gw ke kantor pos, ada orang lain nyolot malahan dipersulit gitu.. =(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, gw ga tau ini apaan, hahahaha.. Jadi ga bs confirm jg lbh dr 50 usd ato engga, soalnya semua pesenan gw uda dtg semua bln lalu, wkwkwk..

      Delete
  4. Aku pernah dapet surat seperti itu. Kalo waktu itu aku langsung ke ekspedisi pengirimannya saja untuk bayar pajak nya. Kalo waktu aku pesan barang belanjaan dari Korea, langsung ke kantor pos terdekat (karena kirim pakai EMS). Terus yang barusan ini aku kirim barang-barang aku yang dari UK kemaren. Itu aku pake UPS. Berhubung tidak ada kantor UPS di kota ortu ku (aku kiri barang ke alamat ortuku), pajak dan cukai di bayar via JNE. Yang ngirimin suratnya waktu itu JNE soalnya.

    Proses nya nggak ribet sih kalo menurut aku *asalkan kita gak komplain mengenai nominal pajak dan cukai yang harus dibayarkan*. Prinsipnya, ada uang ada barang.. hehehehe..

    Dini,
    handiniaudita.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for sharing~ Memang masih belum ada hukum yang 'sah' mengenai cukai2an ya. Kalopun ada, ga terlalu disosialisasikan ke masyarakat. ^_^

      Delete
  5. wahhh ini kmrn ada jg yang sempet post di grup, tp orangnya ngga dpt surat, lgs ditelp gitu dan disuruh nebus 300.000 buat barangnya. + anehnya lg yang nelpnya ngaku dr kantor pos tp nelpnya minggu. kl kata saya sih lgs datengin aja kantor posnya minta penjelasan. dl pernah sih dateng buat bayar tax. tp kl ada tax pun di situsnya tertera tax dari kode pengiriman nomer xxxx taxnya brp. kl yang ribet itu yang ud urusan ama bpom.

    ReplyDelete
  6. dulu sih pas ngobrol" ama dosen, sempet sih ada obrolin ini. ga tau ya jaman dulunya dosen ama sekarang sama or beda tapi siapa tau membantu. klo ybs sih bilangnya jangan langsung pergi atau nelpon soalnya takutnya penipuan/minta bayarannya mahal/ga sesuai. mendingan browsing/nanya yg ngerti bener tentang hal ini misalkan, bea cukai menurut pasalnya harus bayar berapa dan gimana prosesnya. intinya sih kayak kumpulin info yg fix dulu gitu baru hubungi alamat di surat itu ce...

    ReplyDelete
  7. Phan barang elu ketahan juga?

    bbrp hari yang lalu ada sponsor ngirim dr luar, gw dapet surat dr DHL katanya kalao mau ambil barang gw harus sediain surat dari POM, begimana mungkin coba! Ya udah akhirnya semua emailnya gw reply, cc in dari DHL ke sponsor, juga sekalian stated bahwa gw ga bisa apa2. Orang DHL bilang ini bukan peraturan baru, hmm, herannya selama ini gpp tuh kenapa tiba2 ketat yaaa... hmmm ada hubungannya ama apa yaaa .... politik kahhh???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok tumben DHL ga sampe? Gw kira yang ngurusin itu mereka? Barang lu banyak banget emangnya? Jadi bingung..

      Delete
  8. sama -_-
    barang gw mlah dri jpg,pke EMS smpe skrng masih d tahan d costum :(
    msuk indo tnggal 21 juni ne
    d samperin k beacukai jga g ad barang ku

    ReplyDelete