Review Wardah Facial Scrub

Monday, January 07, 2013

Hello, lovelies~ Pastinya udah pada tau lah ya pentingnya scrub buat wajah dan kulit kita sesekali dalam seminggu. Buat yang belum kenal sama si scrub, intinya, setiap 28 hari sekali (pas kita masih muda), sel-sel kulit kita akan beregenerasi dan terganti dengan sel-sel kulit yang baru. Waktu masih muda, sel-sel kulit yang sudah tua akan 'jatuh' dengan sendirinya. 

Tetapi, seiring waktu berlalu (caelah, bahasanya~), waktu yang kita butuhkan untuk mengganti sel-sel kulit tua tersebut semakin lama dan butuh bantuan. This is where the scrub comes in! Untuk membantu 'menjatuhkan' sel-sel kulit mati tersebut, terkadang scrub dapat membantu sedikit. 

Kali ini aku mau ngereview facial scrub dari Wardah yang kubeli di Carrefour seharga Rp 11,500. Murah kan, bok?! Not bad lah ya harganya, cukup ramah di kantong siapapun. Kemasannya berupa squeeze tube warna hijau muda agak kebiruan dengan flip cap sebagai tutupnya. Aku suka banget kalo tutupnya itu flip cap, jadi gampang dan ga ada resiko tutupnya jatoh, ilang, bla bla.




Bahan yang terkandung dalam scrub ini tergolong bagus untuk aku karena tidak ada kandungan alkohol. Masalahnya, kalo ada alkohol kulitku jerawatan, huhuhu. Meski begitu, scrub ini masih mengandung Fragrance (parfum), jadi untuk yang memiliki tipe kulit sensitif bisa agak sedikit bermasalah.

Scrub ini menggunakan DMDM Hydantoin sebagai pengawetnya. Lain hal nya dengan paraben, DMDM Hydantoin merupakan pengawet yang masuk ke dalam kategori FORMALDEHYDE-RELEASING PRESERVATIVES.  

Bahan ini sama dengan kandungan parfum yang dapat menjadi iritan bagi kulit. Pengawet ini bersifat antimikrobial karena formaldehyde yang direlease membuat lingkungan yang tidak nyaman bagi bakteri.

Sekarang kita liat claimnya si doi apa sih~

Pembersih dengan butiran scrub lembut yang membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori. Dengan mild surfactant dan pH balance, membersihkan tanpa membuat kulit menjadi kering. 

Butiran scrub yang ada dalam produk ini agak kasar untuk kulit wajahku. Meskipun ga kenceng-kenceng juga pakenya, tetep aja berasa agak sakit. Jadinya, kupake buat kulit di siku biar jadi halus. Hahaha.

Aku suka pake ini pas kulitku lagi agak sedikit mengelupas biar kalo pake makeup kelihatan lebih bagus. Soalnya kan kalo ada kulit yang ngelupas, makeup base atau foundationnya kurang bisa 'nempel' dengan baik dan rata. 

Secara keseluruhan, dengan harga Rp 11,500, scrub ini cukup efektif untuk menghilangkan penampakan kulit-kulit kering yang mengelupas. Untuk aku pribadi, butiran scrubnya agak kasar sewaktu digunakan di wajahku. Aku lebih pilih scrub dari Biore yang lebih halus. Mungkin aku ga beli lagi karena akan cari scrub yang lebih halus untuk kulit wajahku.

Until then, I'll see you later~ ^_^ 

You Might Also Like

4 comments

  1. I've tried many local brands but they don't seem to suit me, though, I haven't tried wardah. Might as well give a hand on this later on. thanks for the review <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. If I remember correctly you have sensitive skin, am I right? I wouldn't recommend this to people with sensitive skin since they still have fragrance.

      Probably go for Hada Labo since they have no fragrance and no colorants. ^_^

      Delete
  2. Formaldehyde apa berarti itu ada kandungan formalinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena pengawet DMDM Hydantoin ini termasuk ke dalam kategori FRP (Formaldehyde Releasing Preservative), jadi memang ada kandungan formaldehydenya karena memang cara kerjanya seperti itu.

      Tapi, jangan langsung panik karena kandungan formaldehydenya tidak banyak dan masih dalam batasan aman untuk digunakan dalam kosmetik. Semoga menjawab ya. ^_^

      Delete